translate

Sunday, March 18, 2012

40 Sunnah Rasul yang pertama

  1. " Orang yang paling berat siksaannya pada hari Kiyamat adalah orang alim yang mana Allah Yang Maha Suci tidak memberi manfaat dengan ilmunya.( HR.Ash Shagir dan Al Baihaqi)
  2. " Menuntut ilmu itu fardhu atas setiap muslim.(HR.Ibnu Majah)
  3. " Ulama itu adalah para pewaris para Nabi.( HR.Abu Dawud)
  4. " Sesungguhnya hikmah (ilmu) itu menambah orang yang mulia akan kemuliaan dan mengangkat hamba sahaya sehingga ia mencapai capaian raja-raja.(HR.Abu Na’im)
  5. "Dua pekerti tidak terdapat di dalam orang munafik, yaitu perilaku yang baik dan pandai dalam agama.( HR.At Tirmidzi)
  6. "Seutama-utama manusia adalah orang mukmin yang alim (pandai) yang jika ia dibutuhkan maka ia mencukupkan dirinya.( HR.Al Baihaq)
  7. "Iman itu telanjang, pakaiannya adalah takwa, perhiasannya adalah malu, dan buahnya adalah ilmu.( HR.Al Hakim)
  8. "Orang yang paling dekat dari derajat kenabian adalah ahli ilmu dan jihad (perjuangan). Adapun ahli ilmu maka mereka menunjukkan manusia atas apa yang dibawa para rasul, sedangkan ahli jihad maka mereka berjuang dengan pedang (senjata) mereka atas apa yang dibawa oleh para rasul.
    ( HR.Abu Naim)
  9. "Sungguh matinya satu kabilah itu lebih ringan dari pada matinya seorang alim.
    ( HR.Ath Thabrani)
  10. "Pada hari Kiyamat tinta ulama itu ditimbang dengan darah orang-orang yang mati syahid.
    ( HR.Ibnu Abdil Barr)
  11. "Barang siapa yang memelihara empat puluh buah hadits dari As Sunnah atas ummatku sehingga ia menunaikannya kepada mereka maka aku akan menjadi pemberi syafa’at kepadanya dan saksinya pada hari Kiyamat.
    ( HR.Ibnu Abdil Barr)
  12. "Barang siapa dari ummatku menghafal empat puluh buah hadits maka ia bertemu dengan Allah Azza Wa Jalla pada hari Kiyamat sebagai seorang faqih yang alim.
    ( HR.Ibnu Abdill Barr)
  13. "Barang siapa memahami tentang agama Allah Azza Wa Jalla maka Allah Ta ala mencukupinya akan sesuatu yang menjadi kepentingannya dan Dia memberinya rizki dari sekiranya ia tidak memperhitungkannya.
    ( HR.Al Khathib)
  14. "Orang pandai adalah kepercayaan Allah Yang Maha Suci di atas bumi.
    ( HR.Ibnu Abdil Barr)
  15. "Dua golongan dari ummatku apabila mereka baik maka manusia baik, dan apabila mereka rusak maka manusia rusak, yaitu para pemegang pemerintahan dan para ahli fiqh.
    ( HR.Ibnu Abdill Barr dan Abu Naim)
  16. "Apabila datang hari kepadaku padanya saya tidak bertambah ilmu yang mendekatkan saya kepada Allah Azza Wa Jalla maka saya tidak mendapat berkah pada terbitnya matahari hari itu.
    ( HR.Ath Thabrani)
  17. "Keutamaan orang alim atas orang ahli ibadah adalah seperti keutamaanku atas orang yang paling rendah dari shahabatku .
    ( HR.At Tirmidzi)
  18. "Kelebihan orang alim atas orang ahli ibadah adalah seperti kelebihan bulan pada malam purnama atas seluruh bintang-bintang.
    ( HR.Abu Dawud, at Tirmidzi, an Nasa I, dan Ibnu Hibban)
  19. "Pada hari Kiyamat tiga macam orang memberi syafaat yaitu : para Nabi, para ulama kemudian orang-orang yang mati syahid.
    ( HR.Ibnu Majah)
  20. "Tidaklah Allah Ta ala disembah dengan sesuatu yang lebih utama daripada pemahaman terhadap agama. Sungguh seorang faqih itu lebih berat atas syaithan dari pada seribu orang ahli ibadah. Setiap sesuatu itu mempunyai tiang, dan tiang agama ini adalah fiqh.
    ( HR.Ath Thabrani)
  21. "Sebaik-baik agamamu adalah yang termudahnya, dan sebaik-baik ibadah adalah fiqh (pemahaman).
    ( HR.Ibnu Abdil Barr)
  22. "Keutamaan mukmin yang alim atas mukmin yang ahli ibadah adalah dengan tujuh puluh derajat.
    ( HR.Ibnu Adi)
  23. "Sesungguhnya kamu menjadi dalam masa yang banyak ahli fiqhnya, sedikit qurra(ahli baca Al Quran) nya dan ahli pidatonya, sedikit orang yang meminta-minta dan banyak orang yang memberinya. Amal padanya adalah lebih baik dari pada ilmu. Dan akan datang kepada manusia masa yang sedikit ahli fiqhnya, banyak jru pidatonya, sedikit orang yang memberinya, banyak orang yang meminta-minta. Ilmu pada lebih baik dari pada amal.
    ( HR.Ath Thabrani)
  24. "Antara orang yang alim dan orang yang beribadah adalah seratus derajat, antara setiap dua derajat itu ditempuh kuda pacuan yang dilatih selama tujuh puluh tahun.
    ( HR.Al Ashfihani)
  25. "Ditanyakan : Wahai Rasulullah, amal-amal apakah yang lebih utama?.
    Beliau bersabda : Ilmu tentang Allah Azza Wa Jalla
    Lalu ditanyakan : Ilmu apakah yang Engkau kehendaki?.
    Beliau SAW bersabda: Ilmu tentang Allah Azza Wa Jalla.
    Lalu dikatakan kepadanya : Kami bertanya mengenai amal sedangkan engkau menjawab mengenai ilmu.
    Maka beliau SAW bersabda :Sesungguhnya amal sedikit disertai ilmu (mengetahui) tentang Allah itu berguna dan banyaknya amal serta bodoh mengenai Allah itu tidak berguna.
    ( HR.Ibnu Abdil Barr)
  26. "Allah Yang Maha Suci pada hari Kiyamat membangkitkan hamba-hamba kemudian Dia membangkitkan ulama kemudian Dia berfirman : Wahai golongan ulama, sesungguhnya Aku tidak meletakkan ilmuKu padamu kecuali karena Aku mengetahui tentang kamu, dan Aku letakkan ilmuKu padamu agar Aku tidak menyisakmu, pergilah karena Aku telah memberi ampunan kepadamu.
    ( HR.Ath Thabrani)
  27. "Barang siapa menempuh jalan yang padanya ia menuntut ilmu maka Allah menempuhkannya jalan ke syurga.
    (HR.Bukhari-Muslim)
  28. "Sesungguhnya malaikat itu membentangkan sayapnya bagi orang yang menuntut ilmu karena ridha kepada apa yang ia lakukan.
    ( HR.Ahmad, Ibnu Hibban dan Hakim)
  29. "Sungguh kamu pergi lalu kamu belajar satu bab dari ilmu itu lebih baik dari pada kamu shalat seratus rekaat.
    ( HR.Ibnu Abdil Barr)
  30. "Satu bab dari ilmu yang dipelajari oleh seseorang adalah lebih baik baginya dari pada dunia dan apa yang ada padanya.
    ( HR.Ibnu Hibban)
  31. "Tuntutlah ilmu walau di Cina.
    ( HR.Ibnu Adi)
  32. "Ilmu itu gudang, kuncinya adalah bertanya. Ketahuilah maka bertanyalah. Sungguh padanya diberi pahala empat orang, yaitu : penanya, orang yang berilmu, pendengar dan orang yang senang kepada mereka.
    ( HR.Ath Thabrani, Ibnu Mardawaih, Ibnus Sunni dan Abu Naim)
  33. "Tidak seyogya bagi orang bodoh diam atas kebodohannya, dan tidak seyogya atas orang yang berilmu untuk diam atas ilmunya.
    ( HR.Ath Thabrani, Ibnu Mardawaih, Ibnus Sunni dan Abu Naim)
  34. "Menghadiri majlis orang alim itu adalah lebih utama dari pada shalat seribu rekaat, menjenguk seribu orang sakit dan menghadiri seribu janazah.
    Lalu ditanyakan : Wahai Rasulullah dan dari membaca Al Quran?
    Lalu beliau SAW bersabda : Apakah Al Quran itu bermanfaat kecuali dengan ilmu?
    ( HR.Ibnul Jauzi)
  35. "Barang siapa didatangi kematian di mana ia sedang menuntut ilmu untuk menghidupkan Islam maka antara ia dan para Nabi di syurga adalah satu derajat/tingkatan.
    ( HR.Ad Darimi)
  36. "Allah tidaklah memberi ilmu kepada seorang ‘alim melainkan Allah mengambil janji atasnya seperti apa yang diambilNya dari para Nabi, yaitu agar mereka menerangkannya kepada manusia dan tidak menyembunyikannya.
    ( HR.Abu Naim)
  37. "Sungguh Allah memberi petunjuk kepada seseorang karena ilmu adalah lebih baik dari pada dunia dan apa yang ada padanya.
    ( HR.Ahmad)
  38. "Barang siapa yang belajar satu bab dari ilmu untuk diajarkan kepada manusia maka ia diberi pahala tujuh puluh orang shiddiq (orang yang membenarkan Nabi.
    ( HR.Abu Mansur Ad Dailami)
  39. "Apabila datang hari Kiyamat maka Allah Yang Maha Suci berfirman kepada orang-orang yang beribadah dan orang-orang yang berjuang ‘Masuklah ke syurga!.
    Lalu para ulama berkata: Berkat kelebihan ilmu kami mereka beribadah dan berjuang.
    Lalu Allah Azza Wa Jalla berfirman : Kamu sekalian disisiKu seperti sebahagian malaikatku, mensyafaatilah maka syafaatmu akan diterima!
    Maka merekapun memberi syafaat kemudian mereka masuk syurga.
    ( HR.Abul Abbas Adz Dzahabi)
  40. "Barang siapa yang mengetahui suatu ilmu lalu ia menyembunyikannya maka pada hari Kiyamat Allah mengenakan kendali kepadanya dengan kendali dari api.
    ( HR.Abu Dawud, At Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Al Hakim)

========================================

Sumber dan referensi diambil dari kitab Ihya' Ulumiddin



0 comments: